Ini Rahasia Investasi Saham Sopir Taksi Profit 177 Juta

Cukup salut rasanya melihat pak Aab Abdullah yang berprofesi sebagai sopir taksi (dulu kerja di blue bird – sekarang gabung di taxi online uber) bisa meraih profit diatas 170 juta-an dalam 1,5 tahun berinvestasi saham. Bahkan beliau juga diberi penghargaan oleh broker mandiri sekuritas sebagai MOST Inspiring Customer 2016. Pak Aab akhirnya bisa beli mobil sendiri bermerk Agya untuk jadi sopir taksi aplikasi uber tersebut. Salut!!

Saya tidak tahu persis bagaimana pak Aab melakukannya, karena saya juga baca beritanya online. Tapi kita coba analisa berbagai kemungkinan bagaimana beliau bisa sukses bermain saham.

Oh ya perlu diketahui juga, modal awalnya 3 jt dan portofolio akhirnya mencapai 180 jt. Jadi secara teknis keuntungannya sekitar 177 juta dalam 1,5 tahun. Kalau memang ceritanya benar, ini sangat fantastis karena keuntungannya sampai 59x lipat modal awal; alias 5900% profit.

sopir-taksi-main-saham

1. Untuk mencapai profit konsisten sebanyak itu, saya yakin pak Ahab haruslah dalam mode trading, bukan investasi jangka panjang.
Disini beliau harus rajin keluar masuk saham dan memantau pergerakan harga, bisa jadi saham ditahan harian sampai mingguan atau paling 1 bulanan.

Kenapa trading? Ya, untuk memanfaatkan volatilitas(naik-turun) harga saham, apalagi saat harga mencapai support, saham bisa dibeli lalu jual saat harga mencapai level resistance. Disitu profitnya bisa mencapai 7-8 persen sebulan. Contohnya saja seperti saham gudang garam GGRM ini

ggrm

 

Atau seperti saham bank BNI – BBNI yang dalam 1 bulan bisa meroket sampai 15 persen.

bbni

Keuntungan tertingginya adalah 11 juta dalam 3 minggu. Sebagai tambahan keuntungan dari profit sebelumnya juga harus diakumulasi ke trading berikutnya agar compound effectnya terasa, dan profitnya kedepannya makin besar.

2. Siap mental – tidak jual saat harga rendah.
Selain tebakan beliau harus sering benar, beliau juga mesti tidak cepat menjual sahamnya saat harganya drop (seperti yang dipaparkannya dalam interview).
Karena untuk mendapatkan profit sebanyak itu, sangat kecil ruang untuk membuat kesalahan.

Ini oke dilakukan saat kondisi overall pasar IHSG masih bullish, aman sentosa; sebab kalaupun harganya terkoreksi itu hanya sementara. Yang menjadi kendala dengan strategi ini adalah, kalau anda coba menahan saham terlalu lama saat bearish atau pasar negatif. Bisa jadi anda jadi tekor. Terlebih kalau fundamental saham perusahaan yang anda beli tidak terjamin. Makanya penting juga mengetahui kondisi pasar. Baca disini kumpulan eBook nya gratis.

3. Spekulasi – Bermain di saham gorengan
Saya rasa ini yang menjadi resep suksesnya, pak Aab pasti melakukan banyak spekulasi agar dapat untung banyak, alias tipe investor yang mencari high risk-high return.
Pengakuan interview pak Aab “…trus bahkan yang 2 minggu saya mendapatkan keuntungan 8,5 juta seperti saya dari saham BEKS ya, Bank Pembangunan Daerah Banten, dan lainnya..”

BEKS
Anda bisa lihat grafik diatas dalam 1 bulan, saham BEKS bisa melonjak 30% bahkan ada yang mencapai 100%. Itu return yang luar biasa. Kembali lagi ke poin pertama, harus jeli memanfaatkan volatilitas harga. Akan tetapi, yang namanya spekulasi anda juga harus siap mental jika nanti harganya drastis turun.
Kalau anda tidak mau rutin terkena shock therapy seperti ini, saya sarankan fokus ke saham LQ45 saja, yang fundamentalnya bagus dan sulit di goreng pemain bandar.

4. Sabar – Sabar menanti, dan Keuntungan harus di investasi ulang agar terus berlipat.
Kadang harga saham tidak naik terus ketika anda beli. Bisa jadi turun sementara. Disitulah dituntut kesabaran anda.
“Keuntungan pertama Rp 300.000,- dalam tiga minggu,”. “Merah Tahan, Hijau Jual” kata pak Aab.
Jangan rugi dikit panik, langsung jual. Kapan mau untung hehe..

Resepnya Asal anda punya strategi dalam bermain saham, punya prediksi harga stop loss, prediksi profit, dan tahu analisa teknikal untuk menentukan momen yang pas membeli saham. Mudah2an saham anda akan naik. Karena saham tidak selamanya turun, dan tidak selamanya naik.

Kedua juga, untuk bisa profit seperti Pak Aab anda harus rajin menginvestasikan ulang keuntungan sebelumnya. Jangan apa2 langsung ditarik. hehe.. Terkecuali ada urusan penting, baru bisa ditarik keuntungannya. Seperti beliau yang ingin perlu DP mobil untuk kegiatan taksi online nya.
Ingat money management juga bagian dari investasi saham.

Ada yang mau menambahkan? atau ada yang mau tanya?
Silakan tulis di kolom komentar.

Atau kalau mau tonton video interview beliau oleh kompasTV silakan liat dibawah: