Home

Yang Terbaik?? Investasi Saham vs Investasi Reksadana

Kali ini kita akan membahas investasi saham dan reksadana? Mana yang lebih baik dan menguntungkan? Yang pasti, kedua jenis investasi ini ada persamaan dan perbedaannya, ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

GRATIS!! Silakan Coba Simulasi Trading Saham IHSG ini


Kali ini kita akan bahas khususnya reksadana saham (ekuitas) dengan investasi di saham secara langsung.

Perbedaan:
1. Ketika anda berinvestasi di reksadana maka akan ada manajer investasi yang mengurus portofolio anda, jadi anda tidak perlu mikir lagi. Nah kalau anda terjun langsung, anda harus belajar tentang strategi trading saham, analisa fundamental perusahaan, dan mempelajari analisa teknikal trading.

Wajib Baca: Cara Sopir Taksi ini Raup 177 juta Profit dari Saham



2. Imbal hasil di saham lebih besar daripada reksadana. Meski demikian investasi di saham secara langsung memiliki resiko yang juga lebih besar daripada jika anda berinvestasi di reksadana. Karena saat main saham, anda yang mengelola sendiri. Tapi kalau anda sudah paham prinisip main saham yang benar, anda juga bisa untung besar. Jadi sebenarnya hanya masalah pemahaman dan ilmu saja.

Baca: 3 Indikator Terbaik Ketika Memilih Saham Perusahaan


3. Investasi saham dapat deviden saham, namun jika anda berinvestasi di reksadana anda tidak akan mendapatkannya.

4. Karena kecilnya modal yang dibutuhkan untuk masuk reksadana, maka dengan modal uang yang sama. Anda dapat membeli bermacam-macam jenis reksadana; mau itu pendapatan tetap, index, pasar uang, campuran. Sehingga investasi anda lebih terdiversifikasi.
Hal ini akan sangat sulit jika anda bermain di pasar saham IHSG langsung, karena memang modalnya lumayan besar.

Pilih yang mana donk?

Saran saya, kalau anda sangat niat berinvestasi tapi masih pemula dan punya modal terbatas sebaiknya pilih reksadana. Karena dana anda akan diolah sepenuhnya sama manajer investasi.

Tapi kalau anda mau bermain besar, punya modal, paham akan strategi trading saham silakan pilih saham dan bermain sendiri.

Semua bergantung style, kebutuhan, dan pemahaman orang tersebut terhadap investasi yang dilakukannya.

Sky is the limit.