Software Trading Saham Terbaik

Tanya:
Apa sih software yang paling baik untuk trading saham dan software yang yang paling baik untuk melakukan analisa saham?

Jawab:
Saya lebih suka hal yang simpel dalam melakukan investasi dan trading saham online. Jangan dipersulit kalau memang tidak perlu. Semakin ribet software, trading plan, dan trading system seseorang belum tentu orang tersebut bisa sukses meraup keuntungan. Malahan hal seperti ini bisa counter productive dan membuat anda jadi tidak fokus.
Pada kenyataannya, semua software trading analisis yang diluar sana bagus-bagus semua. Ada yang berbayar dan ada yang gratis. Yang penting bukan softwarenya, tapi analisis nya. Saya pakai software chartnexus, gratisan, tapi masih bisa menghasilkan profit konsisten.

**Baca Juga: Rahasia Sopir Taksi RaihProfit 177 Jt dari Investasi Saham

kisah sukses sopir
Memiliki software dengan fitur canggih, running trade, cut loss otomatis, grafik kompleks, dst belum menjamin anda bisa menghasilkan keuntungan dari kegiatan jual beli saham ini.

software trading online
software trading online: fitur lengkap, dan punya user friendly interface

Sejauh ini software trading Gratisan favorit saya adalah CHARTNEXUS. Interface nya bersih, simpel, fitur lumayan lengkap (walau gratis), indikator analisis teknikal yang saya butuhkan juga lengkap, bisa update otomatis harian harga saham Indonesia IDX, dan juga ada drawing tool nya yang mempermudah kita untuk memvisualisasi ide dan trend pergerakan saham. KOMPLIT deh..

Hanya saja untuk mendapatkan data historis harga saham 5 tahun terakhir, chartnexus mengharuskan kita untuk berlangganan berbayar.

Oh ya, kebetulan saya juga menggunakan broker dari BNI sekuritas dan mereka juga menyediakan software trading kepada semua customer mereka. Tapi entah mengapa, saya jarang menggunakannya. Mungkin karena sudah jatuh hati dengan chartnexus dan memakainya bertahun-tahun sejak awal belajar saham.

Eniwey, software bukanlah yang utama. Itu hanya pendukung. Sama seperti saat ingin jadi juara kelas, anda tidak perlu beli pulpen termahal di dunia, yang penting adalah meningkatkan kemampuan belajar kita dan meningkatkan pemahaman akan topik setiap pelajaran.

Dalam trading saham yang penting adalah kemampuan analisa kita, dan juga strategi kita bermain. Saya sebenarnya punya beberapa indikator teknikal yang rutin saya andalakan seperti Simple Moving Average, Bollinger band, MACD, stochastic oscillator. Itu saja, dan sejauh ini berhasil. Fitur teknikal tersebut disediakan pada semua software trading, baik yang gratis-an sekalipun. Investor lain mungkin punya indikator favorit masing-masing, dan itu bebas-bebas saja.

Apa yang membuat kita bisa mendapatkan profit dalam bermain saham?

  • Kita harus paham, apa arti dibalik dari indikator teknikal tersebut Simple Moving Average, Bollinger band, MACD, stochastic oscillator
  • Tidak melulu berpaku pada analisis secara teknikal, kita juga harus tahu beberapa hal penting tentang analisa fundamental perusahaan
  • Punya strategi dan game plan sebelum berinvestasi
  • Punya ekspektasi realistis, kapan harus masuk, kapan harus ambil profit, dan kapan harus cut loss.
  • Paham trend pasar. Apakah saham sedang naik (bullish), turun (bearish), atau sideways. Dengan begitu kita bisa lebih waspada, tidak cepat panik, dan juga bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak karena kita bisa memanfaatkan kondisi trend tersebut.